> Jangan Tidur Larut Malam <

20.41 Edit This 3 Comments »
Denger judulnya ajah..kayaknya kita jadi pingin bareng2 teriak "Gak Mungkiii..iiin". Saya selaku penulis blog ajah juga rada susah kalo disuruh bubuk on time. Minimal bubuk tuh jam 11.3o. Kalopun capek pikiran, hati dan badan bubuknya bisa jam 8 malem..hurray. Tp tengah malem mesti bangun. Maka dari itu aku males bubuk sore, cz tengah malemnya mesti kebangun..dan susah bobok lagi -_-'. Tapi semoga dengan paparan dibawah ini kita setidaknya bisa takut tidur larut malem cz dampak buruknya buat kesehatan..

Penyebab utama kerusakan hati adalah :

1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling
utama.

2. Pola makan yang terlalu berlebihan.

3. Tidak makan pagi.

4. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan.

5. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna,
pemanis buatan.

6. Minyak goreng yang tidak sehat! Sedapat mungkin kurangi penggunaan
minyak goreng saat menggoreng makanan hal ini juga berlaku meski
menggunakan minyak goreng terbaik sekalipun seperti olive oil. Jangan
mengkonsumsi makanan yang digoreng bila kita dalam kondisi penat, kecuali
dalam kondisi tubuh yang fit.

7. Mengkonsumsi masakan mentah (sangat matang) juga menambah beban hati.
Sayur mayur dimakan mentah atau dimasak matang 3/5 bagian.
Sayur yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan.

Kita harus melakukan pencegahan dengan tanpa mengeluarkan biaya tambahan.
Cukup atur gaya hidup dan pola makanan sehari-hari. Perawatan dari pola
makan dan kondisi waktu sangat diperlukan agar tubuh kita dapat melakukan
penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna sesuai dengan
jadwalnya.

Sebab:

Malam hari pk 9 - 11 : adalah pembuangan zat- zat tidak berguna/beracun

(de-toxin) dibagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama

durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau

mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam

kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi
anak belajar, hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

Malam hari pk 11 - dini hari pk 1: saat proses de-toxin di bagian hati,

harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas..

Dini hari pk 1 - 3 : proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung
dalam kondisi tidur.

Dini hari pk 3 - 5 : de-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi
batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses
pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu
minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.

Pagi pk 5 - 7 : de-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar

kecil.

Pagi pk 7 - 9 : waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus
makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum
pk 6:30. Makan pagi sebelum pk 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin
menjaga kesehatannya. Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah
kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk
9-10 daripada tidak makan sama sekali.
Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses
pembuangan zat-zat tidak berguna.
Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi
sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah. Sebab itu, tidurlah
yang nyenyak dan jangan terlalu sering begadang.

Hayo masih mau bubuk larut?

3 komentar:

Andri mengatakan...

Entah sudah berapa kali aku baca artikel seperti ini Blong..Sejauh yg aku tahu,penyebab utama kerusakan hati bukan karena begadang..kecuali kalo begadang sambil nenggak alkohol. :p

Penyebab utama kerusakan hati setahuku adalah virus hepatitis terutama hepatitis B dan C.Virus ini biasanya didapat dari tranfusi darah atau pemakaian jarum suntik yg tidak steril.

So..Begadang?Siapa takyut.. :D

ijal mengatakan...

patah hati ga termasuk penyebab kerusakan hati ya? hehe...

Anonim mengatakan...

berantem sama pacar juga bikin kerusakan hati,,,
;p